Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

Breaking News: Hercules TNI AU Jatuh...

black_cat

Senpai Semprot
UG-FR+
Daftar
11 Feb 2013
Post
915
Like diterima
14
Berita duka kembali menyelimuti TNI khususnya TNI AU yang kembali kehilangan salah satu armadanya, kali ini pesawat angkut C130 Hercules TNI AU jatuh dan terbakar di medan dekat dengan Lanud Soewondo eks Bandara Polonia Medan.
Turut berduka cita...
Kutipan beritanya:

1236282hercules-jatuh780x390.jpg


MEDAN, KOMPAS.com - Pesawat Hercules milik TNI AU dikabarkan jatuh di Kelurahan Simalingkar B Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Selasa (30/6/2015).

Lokasi jatuhnya pesawat jenis angkut militer ini persis dekat Bandara Lanud Soewondo eks Bandara Polonia Medan.

Belum diketahui penyebab pesawat itu jatuh dan apakah terdapat korban selamat dalam peristiwa nahas tersebut.

Hingga kini proses evakuasi masih terus dilakukan untuk mencari korban selamat.

Menurut seorang warga bernama Guntur, dia kebetulan melihat kejadian saat berada di dalam kediamannya di Jalan Pales. Dia melihat pesawat Hercules itu menukik ke daerah perumahan.
 
Iya nih suhu, hercules yang jatuh dengan nomor registrasi A1310 merupakan varian KC130B/tanker.
Termasuk generasi pertama dari armada hercules TNI AU
 
Itu Jenis tanker

Anehnya data manifest diangkut belasan orang
Tapi diberita bisa puluhan orang yang naik??
:(

Pesawat tanker udah dikandangin satu2nya
Ini dulu Bung Karno susah payah dapetinnya

Memang sudah harus pensiun
Umurnya hampir sama kaya TNI.
Pesawatnya umur 54 tahun
Umur umum pesawat 20-30 tahun

Saatnya ganti yang baru seperti A-330 atau yang Antonov
 
selain mengangkut kru pesawat yang berjumlah 11 orang (3 penerbang 1 navigator 7 teknisi) juga mengangkut 102 penumpang lain, diantaranya 10 anggota paskhas yang pindah tugas dan keluarga prajurit lainnya.

dari 10 herky generasi pertama TNI AU (C130B), masih ada sisa berapa ya?
 
selain mengangkut kru pesawat yang berjumlah 11 orang (3 penerbang 1 navigator 7 teknisi) juga mengangkut 102 penumpang lain, diantaranya 10 anggota paskhas yang pindah tugas dan keluarga prajurit lainnya.

dari 10 herky generasi pertama TNI AU (C130B), masih ada sisa berapa ya?

C-130B/KC-130B total 13 ekor,1 pensiun jd monumen A-1301, 3 kecelakaan: friendly fire di long bawang tahun 1965 (A-1306), jatuh di selat malaka tahun 1964 (A-1307), dan jatuh di medan A-1310, jadi tinggal 9 ekor
 
Terakhir diubah:
Friendly fire itu tahun 1968 atau 1969

Dimana pilot di tumpangi prajurit dari kalimantan utara, selain prajurit ditumpangi juga dengan beberapa intel

Sebenernya bukan friendly fire tetapi disengaja
Karena sangat tahu TNI bahwa C-130 blm digunakan sekutu AS
Disengaja karena bawa intel yang tahu persis kejadian di kalimantan utara
Seolah dibuat tertutup mengenai faktanya
 
Friendly fire itu tahun 1968 atau 1969

Dimana pilot di tumpangi prajurit dari kalimantan utara, selain prajurit ditumpangi juga dengan beberapa intel

Sebenernya bukan friendly fire tetapi disengaja
Karena sangat tahu TNI bahwa C-130 blm digunakan sekutu AS
Disengaja karena bawa intel yang tahu persis kejadian di kalimantan utara
Seolah dibuat tertutup mengenai faktanya

sorry nih bro tahun 68/69 itu data dr mana ya, long bawang itu tgl 16 september 1965 (jangan bilang sumbernya dari jakartageer yaa he3x ). disengaja bagaimana ya saya kurang jelas dgn penjelasan anda mengenai hubungan c-130 blm dgunakan sekutu AS?
Kenyataan bahwa indonesia pengguna pertama C-130 diluar AS itu salah kaprah yang bertahun2 dipelihara, karena pengguna pertama diluar AS itu tetangga selatan indonesia, ya RAAF merupakan pengguna pertama C-130 diluar AS. Kalau pengguna C-130B pertama diluar AS itu baru benar
 
Terakhir diubah:
Yup bnr thn 65

Ga mungkin friendly fire dengan tidak sengaja. Jelas itu sengaja

Jelas2 itu pesawat TNI
di Asia Tenggara ga ada sekutu AS pakai C-130

Setau ane C-130 diberikan pertama Indonesia selain pengguna utamanya AS.

Kenapa dengan jakartagreater?
Kalau baca dsana coba pakai o*aknya dikit. Mana opini dan mana berita. Kalau berita real biasanya ada sumber di footnoted nya.
 
Sudah..sudah
perbedaan pendapat itu wajar
jangan pakai emosi okey
:beer:
 
Eh ada suhu

Heran aja ane masih ada orang yang ga bisa bedain mana artikel dan mana berita?
Kalau artikel ya ga usah tanggapin
Namanya juga artikel, mau diisi apa sama yang nulis juga terserah

Beda sama berita

Contoh:
Waktu kecelakaan pesawat F16 di Iswajuhdi kemarin JKGR sudah menerbitkan duluan
Dan itu sumber terpercaya dikutipnya

Sama aja di sub forum formil semprot

Nulis opini dikiranya berita beneran lagi.
JKGR sama sub formil di semprot sama aja
Bisa artikel bisa berita beneran
 
The Royal Australian Air Force (RAAF) has
operated a total of forty-eight Lockheed C-130
Hercules transport aircraft. The type entered
Australian service in December 1958, when
No. 36 Squadron accepted the first of twelve
C-130As, replacing its venerable Douglas C-47
Dakotas . The acquisition made Australia the
first operator of the Hercules after the United
States. In 1966 the C-130As were joined by
twelve C-130Es, which equipped No. 37
Squadron . The C-130As were replaced by
twelve C-130Hs in 1978, and the C-130Es by
twelve C-130J Super Hercules in 1999. No. 37
Squadron became the RAAF's sole Hercules
operator in 2006, when No. 36 Squadron
transferred its C-130Hs prior to converting to
Boeing C-17 Globemaster III heavy transports.
The C-130Hs were retired in November 2012,
leaving the C-130J as the only model in
Australian service.

how about that? RAAF pakai C-130A sejak '58 lho, indonesia baru datang ahkir tahun '59

Keterlaluan juga kalo pesawat sengaja ditembak pemangku jabatan tinggi TNI saat itu, sampai pilot harus rela menyabung nyawa untuk mendaratkan C-130nya, dan rpkad terjun rendah di wilayah musuh, untung selamat semua, but where's the logic?

Ini pendapat saya sendiri: mengingat waktu itu C-130A juga dioperasikan oleh RAAF yang notabene turut aktif dalam konfrontasi bisa jadi operator AA gun salah mengidentifikasi antara herkules AURI dengan RAAF karena siluet antara C-130A dan C-130B tidak berbeda. Kalau dari artikel (majalah angkasa, notabene dapat "dipertanggungjawabkan") personel AA gun mengira C-130 adalah DHC-4 caribou bisa jadi karena kondisi saat itu sudah agak gelap, dan faktor lain yang membuat operator AA gun trigger happy (sebelumnya C-130 dikejar gloster javelin RAF). Memang ada hembusan kabar yang mengatakan C-130B tersebut sengaja ditembak jatuh karena bentuk ketidaksetujuan Soeharto saat itu atas konfrontasi

F-16 yang dari detik.com? di formil kaskus jam 9.39 pagi, di detik.com lebih pagi lagi..

tahun '68 konfrontasi sudah selesai: konfrontasi tahun 1963-1966

Saya suka jakartagreater terutama yang bahas typhoon TNI AU, sama foto "sergio" di whiskey
 
Terakhir diubah:
Setau ane herky masuk ke Indonesia tanggal 18 Maret 1960, nah itu menjadikan Indonesia sebagai operator terbanyak Hercules C-130 di belahan selatan dunia. Soal operator pertama diluar AS, Indonesia operator pertama untuk tipe C-130 B ditahun 1960, Angkatan Udara Australia (RAAF) telah lebih dulu menggunakan namun tipenya berbeda yaitu tipe C-130 A yang telah digunakan pada tahun 1959.
 
Jumlah herky yang dioperasikan oleh TNI AU sampai saat ini:
Tahun 60 - 74 : 10 ( C-130 B/KC )
Tahun 75 : 3 ( C-130 E )
Tahun 80 an : 12 ( C-130 H, C-130 H-30, L-100-30, C-130 H/MP )
Tahun 95 : 5 ( C-130 L-100 )
(yang laik operasional tentunya ngak sebanyak itu)
nb: Diluar hibah dari Australia dan yang telah mengalami kecelakaan (Total Loss)
 
Jumlah herky yang dioperasikan oleh TNI AU sampai saat ini:
Tahun 60 - 74 : 10 ( C-130 B/KC )
Tahun 75 : 3 ( C-130 E )
Tahun 80 an : 12 ( C-130 H, C-130 H-30, L-100-30, C-130 H/MP )
Tahun 95 : 5 ( C-130 L-100 )
(yang laik operasional tentunya ngak sebanyak itu)
nb: Diluar hibah dari Australia dan yang telah mengalami kecelakaan (Total Loss)

Kalo ditotal, KC/C-130B kan 13 biji, udah jatuh 3 dan pensiun 1 jd tggl 9
itu data dapet dari mana ya, sejak kapan indonesia mengoperasikan C-130E?

ini saya ambilkan dari C-130hercules.com
1 2 3 4 5
A-1301 B 3546 1959 wfu
A-1302 B 3578 1960
A-1303 B 3580 1960
A-1304 B 3580 1960
A-1305 B 3583 1960
A-1306 B 3598 1961 w/o
A-1307 B 3599 1961 w/o
A-1308 B 3601 1961
A-1309 KC-130B 3615 1961
A-1310 KC-130B 3616 1961 w/o
A-1311 B 3614 1961
A-1312 B 3617 1961
A-1313 B 3621 1961
A-1314 L-100-30 4800 1980
A-1315 H 4838 1979
A-1316 H 4840 1979
A-1317 H-30 4864 1980
A-1318 H-30 4865 1980
A-1319 H-30 4868 1980
A-1320 H-30 4869 1980
A-1321 H-30 4925 1982
AI-1322 H-MP 4898 1981 w/o
A-1323 H 4899 1981
A-1324 H-30 4927 1982 w/o
A-1325 H 4917 1982 w/o
A-1326 L-100-30 4923 1982
A-1327 L-100-30 4889 1981
A-1328 L-100-30 4828 1979
A-1329 L-100-30 4824 1979 w/o
A-1330 H 4786 1978*
A-1331 H 4789 1978*
A-1332 H 4783 1978*
A-1341 HS 4870 1980

1= nomor
2= tipe
3= kode produksi
4= tahun produksi
5= status w/o= written off, wfu= withdrawn from use
*note:A-1330-1332 hibah dari australia
 
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Back
Top
We are now part of LS Media Ltd