Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

ASK Pengertian, perbedaan asma' dan hizib

Stasiun kutoarjo ke selatan


Ouwh



Dulu kan purwerjo terkenal
Dari kebumen sampe solo dikit
Karna salah satu kiainya bisa membuat pasir jadi api



Kalau saya ketemunya sama yg berjalan di atas air


Sama yang bisa miringin semiring2 pohon kelapa jadi ga usah di panjat ngambil buahnya
Tinggal petik aja karna miringnya pohon kelapa itu
 
Oh iya mastah2 semua saya mau tanya


Maksud kata jangan di wakafkan atau di wakafkan apa ya ?



Saya belajar mentok karna ga ada guru


Cuma kemarin ini di bilang di wakafkan dan tidak di wakafkan
Misal allahuakbar nah itu tidak di wakafkan
Lalu austafirllahaladzim itu di wakafkan


Adakah yang mengerti ?
Di waqofkan ya berhenti bila ditengah ayat ada tanda berhentinya. Mekaten om @irwan bakwan
 
Iya. Dulu ane juga pernah denger juga dari temen ane yang nyantri ama tu kiai. Kalo ga salah di daerah porjo sana. Makanya dia tau hizib macam maghrobi, bahr, nashr.

Keren dah tu kiai. Padahal cuma bawa pasir segenggam doang. Begitu dilempar, efeknya kaya lautan api gitu. Cuma ga digunakan secara bebas juga.





setahun yang lalu ada salah satu santri dr beliau yang beradu debat sama saya om
padahal cuma karna saya bilang
Berarti mas e orang baru kalau ga kenal pakde saya
Coba tanyakan sama kiai emas e
Kata dia ga kenal sampean bohong aja
Saya bilang ke beliau kiai yang merubah pasir jadi api
Kira2 semingguan minta maaf ke saya
bingung terkadang santri koq pemarah yah




betul om itu pernah di liat sama pakde saya
Tapi tidak di lemparkan om
Saat itu di ambil pasir di genggam lalu di buka perlahan2 menjadi api
Jadi bisa di katakan akurat ceritanya


Iya om betul mahrobi memang suka di baca dan di amalkan di sana
Bhr dan nashr juga


Tahun 2012 iseng tanya santri senior di sana
Hizib itu apa
Kata dia jangan make hizib tp make apa gitu
Itu lebih keras lebih sedap
Apa lg klw di tmbh puasa
Cuma itu aja seinget saya




Ki ageng peking?!

Kalo ki ageng pengging, ane tau.




Iya om ini mimpi 3 thn yg lalu kurleb
Di dlm mimpi itu saya jalan kayak si sebuah halaman
Lalu di panggil sama perempuan dan berkata raden tolong buatkan minum buat ki ageng peking dan nyi mas siapa gitu
Saya bilang ok oc,pas saya jalan mau ke dapur melewati pendopo ada kakek itu
Beliau bilang gitu
Saya liat beliau lagi ngajarin ki itu
Tapi ki itu usianya masih kecil
Kira2 5-7thnan om



Gitu mimpinya om




Btw ki ageng peking siapa om ?
 
Nah itu dia. Kalo di porjo sana, hijib yang sering dipake, ya maghrobi, bahr, ama nashr.

Beda juga ama yang area banten juga.

Makanya, ane lebih familiar ama maghrobi, nashr, ama bahr.

Kalo sepengetahuan ane, ki ageng pengging itu, kanjeng romonya joko tingkir atau sultan hadiwijaya.

Muridnya syeh siti jenar kalo ga salah. Atau sunan kalijaga kali ya?!


Ki ageng pengging itu cucu prabu brawijaya V dari majapahit.

Itu doang yang ane tau.




oh iya om mahrobi di pake buat mujadahan
Sama nshr
Baru inget



Ouwh ayahnya jaka tingkir



Siti jenar x ya om
Klw ga salah
 
Oh iya mastah2 semua saya mau tanya


Maksud kata jangan di wakafkan atau di wakafkan apa ya ?



Saya belajar mentok karna ga ada guru


Cuma kemarin ini di bilang di wakafkan dan tidak di wakafkan
Misal allahuakbar nah itu tidak di wakafkan
Lalu austafirllahaladzim itu di wakafkan
salam om mawar...

nubie coba jawab yah..

kata waqaf biasa di implementasikan ke objek kata benda seperti tanah...
contoh tanah waqaf, atau tanah di waqafkan... dsb

nah waqaf yg berhubungan dengan suatu amalan, seperti yang om mawar contohkan...
astagfirullahaladzim di waqafkan atau jangan di waqafkan...

ini "bisa jadi" yah...
waqaf ini menjadi sebuah kata kerja yang artinya di hentikan.
dan kata jangan di waqafkan artinya... boleh di teruskan atau boleh di lanjutkan....

mungkin nanti ada para mastah yg mengkoreksi atau menambah kan lagi om makna.nya....
 
salam om mawar...

nubie coba jawab yah..

kata waqaf biasa di implementasikan ke objek kata benda seperti tanah...
contoh tanah waqaf, atau tanah di waqafkan... dsb

nah waqaf yg berhubungan dengan suatu amalan, seperti yang om mawar contohkan...
astagfirullahaladzim di waqafkan atau jangan di waqafkan...

ini "bisa jadi" yah...
waqaf ini menjadi sebuah kata kerja yang artinya di hentikan.
dan kata jangan di waqafkan artinya... boleh di teruskan atau boleh di lanjutkan....

mungkin nanti ada para mastah yg mengkoreksi atau menambah kan lagi om makna.nya....



iya om udah dapat info kmrn ini dr om bejo
Makasih om dah di jelaskan





Kalau rakaat gimana om maksudnya ?
Sama kayak di atas austafrillahaladzim misal 6 rakaat itu gimana om ?
 
izin kan saya memberikan komentar tentang perbedaan hijib sama asma, yg saya tau dr pengalaman saya menjalankan hijib..hijib adalah sbuah rangkuman dr ayat" al quran yg bersifat lebih meminta perlindungan dr allah swt perlindungan sbgai pagar diri dari gangguan hal yg bersifat negatif, yg dirangkum khusus oleh aulia allah swt pada jaman nya, hijib pun mempunyai tingkatan tertentu dan khasiat tertentu pula tergantung hijib apa yg kita mau amalkan dan itu pun harus dengan proses peng ijasahan dr guru atau kiai yg menjalankn hijib" tersbt..

Asma itu bermacam" jenisnya yg jelas asma itu lebih pendek bacaan nya dibanding hijib ,dan ada pula penggabungan kata" tertentu dengan bahasa tertentu sprt asma suryani .manfaat nya pun sebagai pagar diri dr gangguan hal negatif,.

Untuk lebih lengkap mengenai khasiat lbh bagus kita mengamalkan hijib, karena di satu hijib yg diamalkan itu lebih banyak khasiat atau kegunaan nya..

Mohon maaf apa bila pendapat saya ini salah, hanya membagi apa yg pernah saya jalani
Mantab
Penjelasan yg lbh detail. Trims om @zoviean
 
Ada pengalaman dari sahabat yg mengamalkan wirid Sakran badannya terasa panas terbakar namun ada sahabat yg lain yg mengamalkan wirid sakran dia biasa saja tak merasakan panas. Kedua sahabat pengamal wirid sakran ini tentu mendapat ijazah dari mursyid thariqat masing-masing.
 
permisi hu , apakah suhu yg pernah mengikuti pondok pondok pernah dimandikan oleh guru hu?
 
Hizib adalah amalan yang disusun oleh auliya tertentu yang di dalamnya terdapat ayat-ayat Quran, sholawat dan doa. Pada dasarnya hizib disusun sebagai aurad (amalan dzikir) yang utamanya untuk mendekatkan diri pada Allah. Namun, seringkali juga hizib memiliki fadhilah yang bersifat khususiyah seperti penjagaan diri, tolak bala, anti sihir, dsb. Sebagai amalan khas/personal dari auliya tertentu, maka hizib kemudian diturunkan secara terbatas dan bersyarat melalui mata rantai murid-murid pengikut auliya tertentu tersebut yang kemudian terlembagakan ke dalam Thariqah tertentu. Akhirnya, hizib kemudian menjadi ciri khas yang identik dengan salah satu Thariqah tertentu.
Contoh: Hizbul Bahr dan Hizbun Nashr yang disusun Imam Abul Hasan Asy-Syadzili kemudian menjadi amalan Thariqah Syadziliyah.

Asma' adalah doa pendek yang memiliki kandungan spesifik dan diturunkan melalui proses ijazah dari seorang guru yang berwenang untuk memberi ijazah pada orang lain. Disebut Asma' karena di dalamnya terkandung/tersebut nama Allah, baik Allah sebagai ismul a'dham atau nukilan 99 nama Allah dari Asmaul Husna. Asma dapat berupa bahasa Arab, bahasa Suriani, atau diselingi bahasa daerah.
Contoh: Asma Jaljalut Kubro/Shughro.
 
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Back
Top
We are now part of LS Media Ltd